5 Cara Efektif Melihat Peluang Investasi untuk Pemula

5-Cara-Efektif-Melihat-Peluang-Investasi-untuk-Pemula
Foto dari Canva

Mengambil langkah investasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi bagi pemula yang belum punya pengalaman di dunia investasi. Hal yang cukup penting untuk dilakukan bagi pemula saat melakukan investasi adalah melihat peluang. Peluang investasi dalam setiap jenis instrumen berbeda sehingga harus dianalisis secara mendalam terlebih dahulu.

Peluang dalam Investasi

Tentunya dibutuhkan teknik atau metode yang tepat agar bisa melihat sebuah peluang dalam langkah investasi yang akan dipilih. Dengan mengetahui peluang keuntungan yang dihasilkan maka Anda bisa merasa lebih yakin dalam memilih sebuah instrumen investasi. Berikut ini adalah 5 cara efektif yang bisa dilakukan dalam melihat peluang di dunia investasi:

Read More

1. Pahami Cara Kerjanya

Pertama, pahami dulu seperti apa cara kerja sebuah instrumen investasi untuk mengetahui seperti apa peluangnya. Dengan memahami cara kerjanya maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menilai seberapa besar peluang untung yang bisa dihasilkan. Ini juga akan menjadi sebuah cara yang tepat untuk memprediksi risiko yang mungkin harus ditanggung saat sudah mulai investasi.

Setiap jenis instrumen investasi memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Dalam satu jenis instrumen misalnya reksadana saja ada beberapa tipe berbeda yang cara kerjanya juga tidak sama. Oleh sebab itu cari tahu dulu seperti apa konsepnya dan cara kerja yang berlaku di sana.

2. Cari Tahu Nilai Profit

Selanjutnya silakan cari tahu berapa besar nilai profit yang akan dihasilkan oleh sebuah instrumen investasi. Ini menjadi salah satu informasi penting yang harus Anda ketahui sebelum mulai investasi. Tak ada salahnya untuk membuat simulasi perhitungan sehingga Anda bisa tahu berapa banyak profit atau keuntungan yang nantinya akan dinikmati setelah mengalokasikan dana pada instrumen tertentu.

Semakin besar profit yang bisa dihasilkan maka akan semakin menguntungkan. Bukankah salah satu tujuan Anda menginvestasikan uang adalah untuk mendapatkan profit? Tapi ingat, seiring dengan nilai profit yang besar maka risiko investasi yang harus ditanggung juga pasti akan semakin besar.

3. Kenali Risiko yang Dimiliki

Jika Anda ingin melihat peluang investasi, maka tak cukup hanya dengan mengetahui profitnya. Anda juga harus melihat risiko seperti apa yang harus ditanggung dari sebuah instrumen investasi. Risiko inilah yang akan membuat Anda bisa menilai apakah instrumen tersebut memang cocok dengan Anda atau tidak.

Ingat, setiap orang punya profil risiko masing-masing. Pilihan instrumen investasi harus disesuaikan dengan profil risiko tersebut. Jangan mengambil jenis investasi yang risikonya besar jika Anda bukanlah risk taker. Ini akan memperbesar peluang kerugian bagi diri Anda sendiri.

4. Lihat Pengalaman Investor Lain

Cobalah untuk melihat pengalaman dari para investor yang lain. Ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk melihat peluang instrumen investasi. Cari tahu bagaimana profit yang didapatkan oleh para investor tersebut. Belajar investasi dari investor yang sudah berpengalaman merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat dan tentunya akan sangat menguntungkan.

5. Sesuaikan dengan Karakter Pribadi

Jangan semata-mata melihat peluang keuntungan dari sebuah instrumen investasi. Anda tetap harus menyesuaikannya dengan karakter pribadi yang Anda miliki. Sesuaikan dengan profil risiko sekaligus kemampuan yang Anda miliki dalam berinvestasi. Jangan memaksakan diri dan mulai saja dari bawah agar aset yang Anda miliki semakin besar.

Itulah 5 cara untuk melihat peluang investasi. Peer to peer lending bisa jadi salah satu pilihan instrumen investasi yang peluangnya cukup menguntungkan. Peer to peer lending adalah jenis investasi dimana Anda sebagai investor akan meminjamkan dana kepada pihak peminjam agar nantinya bisa mendapatkan keuntungan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.