5 Cara Mudah Mengobati Sensasi Pahit pada Lidah

5-Cara-Mudah-Mengobati-Sensasi-Pahit-pada-Lidah
Foto dari Canva

Rasa pahit memang tidak menyenangkan dan cenderung mengganggu. Saat Anda mengalami sensasi mulut dan lidah pahit, pasti ingin segera mengatasinya. Selain mengganggu kenyamanan kondisi ini juga bisa menurunkan nafsu makan. Dibutuhkan cara mengatasi lidah pahit yang tepat agar nafsu makan bisa kembali dan Anda dapat merasa nyaman saat beraktivitas.

Mengatasi Lidah Pahit

Perubahan rasa yang dialami oleh lidah dan mulut biasa disebut dengan istilah medis dysgeusia. Tak hanya pahit sebenarnya namun juga bisa getir, metalik, asin, bahkan manis. Namun sensasi rasa pahit memang cukup sering terjadi, terutama pada individu yang baru saja pulih dari sakit. Berikut ini adalah 5 cara mudah yang bisa diterapkan untuk mengobati sensasi pahit di lidah:

1. Banyak Minum Air Putih

Rasa pahit di mulut bisa hilang jika produksi air liur meningkat. Agar produksinya meningkat maka Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Cobalah untuk meningkatkan frekuensi minum air putih. Semakin banyak minum maka semakin banyak juga air liur yang diproduksi sehingga proses pembersihan rongga mulut lebih efektif dan tidak lagi terasa pahit.

2. Jaga Kebersihan Rongga Mulut

Penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar rongga mulut selalu dalam kondisi bersih dan sehat. Pertama, sikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari. Selain itu lengkapi juga dengan kumur-kumur untuk menyempurnakan pembersihan rongga mulut agar tak ada bakteri tertinggal.

Menjaga kebersihan rongga mulut juga bisa dilakukan dengan menggunakan dental floss. Selain itu bersihkan juga area lidah dengan alat khusus. Jika memungkinkan, pakailah sikat gigi dan obat kumur yang bersifat antibakteri. Langkah pembersihan rongga mulut juga akan memberi banyak manfaat karena bisa menjaga gigi tetap bersih dan kuat.

3. Makan Permen Karet

Cara lain yang cukup efektif untuk mengatasi lidah pahit adalah makan permen karet. Saat Anda mengunyah permen karet maka produksi air liur akan semakin meningkat. Pilihlah jenis permen karet yang rendah atau bebas gula. Anda bisa juga memilih permen karet dengan rasa mint yang menyegarkan agar napas segar dan lidah tidak pahit lagi.

4. Kumur dengan Larutan Soda Kue

Cara mengatasi lidah pahit berikutnya adalah dengan berkumur memakai soda kue. Larutkan 1 sdt soda kue dengan segelas air. Setelah itu cobalah untuk berkumur beberapa kali sampai larutan soda kue habis. Lewat aktivitas berkumur ini bakteri penyebab bau mulut dan sensasi pahit bisa hilang. Kumur dengan soda kue bisa dilakukan rutin sampai rasa pahit di lidah benar-benar lenyap.

5. Makan Jeruk

Konsumsi jeruk juga bisa membantu menghilangkan sensasi rasa pahit. Rasa asam dari jeruk ternyata efektif untuk merangsang indera perasa dan meredakan rasa pahit yang tertinggal di rongga mulut. Selain jeruk Anda juga bisa menggantinya dengan lemon jika memang sanggup untuk mengonsumsinya.

Selain rajin konsumsi jeruk yang asam dan kaya vitamin C, pastikan juga untuk menghindari jenis makanan yang meninggalkan sensasi pahit. Misalnya saja seperti makanan dan minuman yang mengandung kafein. Lebih baik konsumsi makanan dan minuman tersebut dikurangi atau dihindari total.

Beberapa pilihan cara mengatasi lidah pahit ini bisa Anda coba secara bergantian. Temukan cara yang dirasa bisa menghilangkan sensasi rasa pahit dengan cepat dan efektif. Pastikan juga untuk mengubah pola makan jadi lebih sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.