5 Gerakan Senam Diabetes yang Bisa Dilakukan di Rumah

by admin
5-Gerakan-Senam-Diabetes-yang-Bisa-Dilakukan-di-Rumah

Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kadar glukosa dalam darah tinggi. Beragam cara dilakukan untuk menjaga kebugaran agar tak terkena penyakit ini, salah satunya dengan senam. Selain murah, senam juga bisa dilakukan di mana saja. Berikut ini 5  gerakan senam diabetes yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Mountain Pose

Mountain pose ini merupakan gerakan yang dimulai dengan berdiri tegak di atas matras dengan kaki rapat. Lalu angkat kedua tangan dengan posisi lurus. Telapak tangan terbuka dan menengadah ke atas. Lakukan gerakan ini sambil menarik napas. Selanjutnya turunkan tangan dibarengi dengan membuang napas. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-8 kali per sesi.

  1. Downward Facing Dog Pose

Downward Facing Dog Pose atau Adho Mukha Svanasana diawali dengan kaki berada di salah satu sisi matras kemudian perlahan lahan gerakan kedua tangan hingga menyentuh matras, lalu merangkak ke depan secara perlahan.

Kemudian, angkat pinggul Anda ke atas hingga posisi tubuh membentuk huruf V terbalik. Kunci pada gerakan ini ialah tumpuan kaki dan tangan yang kuat. Bertahanlah pada  posisi ini selama satu menit.

  1. Child Pose (Balasana)

Mulanya duduklah di atas kedua kaki Anda dengan posisi lutut sejajar dan rapat. Kemudian dengan perlahan tundukkan tubuh Anda hingga kepala menyentuh matras. Lalu panjangkan tangan Anda dan katupkan kedua telapak tangan.

Ketika kepala Anda menyentuh matras, tubuh harus dalam keadaan rileks. Jika perlu, pejamkan mata Anda lalu tarik napas dalam-dalam, dan buang secara perlahan. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

  1. Bridge pose

Gerakan yang memiliki nama lain Setu Bandha Sarvangasana dimulai dengan tidur terlentang, lalu kedua telapak tangan Anda menyentuh matras. Secara perlahan angkat pinggul Anda tinggi-tinggi. Jadikan kedua tangan sebagai tumpuan agar tubuh tetap seimbang. Bertahanlah dalam posisi ini selama 1 menit.

  1. Tree Pose

Tree Pose diawali dengan berdiri tegak di atas matras dengan posisi kaki sejajar. Lalu, angkat kaki kiri Anda hingga membentuk segitiga dengan tumpuan telapak kaki di bagian lutut. Sembari menarik napas, angkat kedua tangan ke atas dan katupkan. Inti dari kelima gerakan senam diabetes ini ialah pernapasan. Sehingga mampu menjaga kadar glukosa tetap rendah.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami Accept Read More

Privacy Policy