5 Tips Packing Barang untuk Pengiriman yang Hemat Biaya

  • Whatsapp
5-Tips-Packing-Barang-untuk-Pengiriman-yang-Hemat-Biaya
Foto dari Canva Pro

Saat ini jasa pengiriman barang semakin banyak tersedia. Bahkan pengiriman barang ke luar negeri sudah semakin mudah. Biaya pengiriman pun semakin terjangkau, seperti ongkir ke Jepang atau negara-negara lain semakin terasa ekonomis. Namun, seringkali biaya yang dibutuhkan untuk mengirim barang tetap terasa berat bagi sebagian orang.

Packing Hemat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebenarnya untuk menghemat biaya pengiriman barang. Salah satunya adalah dengan melakukan packing yang hemat dan ekonomis. Proses packing seringkali menjadi salah satu penyebab pengeluaran untuk berkirim barang jadi lebih mahal. Berikut ini adalah 5 tips yang dapat dicoba agar bisa packing dengan hemat:

1. Gunakan Box Bekas

Anda tak perlu menggunakan box packing baru untuk mengirimkan barang. Sebenarnya yang terpenting adalah box tersebut cukup kuat dan masih bagus digunakan untuk melindungi barang. Jenis box yang dipakai bisa bervariasi, mulai dari box kardus atau box kayu. Pemakaian packing bekas seperti ini akan sangat membantu Anda berhemat sekaligus lebih minim sampah.

2. Pakailah Bubble Wrap Bekas

Selain box, Anda juga bisa menggunakan bubble wrap bekas. Daripada membeli bubble wrap yang baru maka lebih disarankan untuk memakai yang bekas saja. Anda tentu pernah menerima paket yang pengemasannya memakai bubble wrap. Simpanlah bubble wrap bekas packing ini dengan baik karena bisa digunakan kembali.

3. Buat Sendiri Packing yang Kuat

Sangat disarankan untuk membuat sendiri packing agar bisa disesuaikan dengan ukuran maupun jenis barang. Misalnya, Anda bisa membuat packing kayu yang besarnya menyesuaikan ukuran barang. Ini akan membantu Anda lebih hemat ongkir juga karena ukuran kemasan tidak berlebihan. Saat bayar ongkir ke Jepang atau negara lainnya, ukuran volume barang dan kemasan juga akan diperhitungkan.

4. Sesuaikan dengan Ukuran

Selanjutnya sesuaikan ukuran kemasan dengan barang yang akan dikemas. Sudah disinggung di poin sebelumnya bahwa volume barang akan berpengaruh pada biaya pengiriman. Tidak hanya bobotnya saja yang berpengaruh namun volume barang juga ikut diperhitungkan. Itulah mengapa sangat direkomendasikan untuk memilih packing yang paling pas.

5. Jangan Berlebihan

Usahakan untuk tidak berlebihan mengemas barang Anda saat akan dikirimkan. Anda mungkin ingin memastikan barang dikemas dengan baik dan aman. Namun sangat disarankan untuk tidak perlu berlebihan. Berlebihan mengemas barang justru akan membuat bobot barang semakin bertambah. Misalnya, Anda memakai box kayu yang terlalu besar atau menggunakan bubble wrap yang terlalu banyak.

Itulah 5 tips packing barang sebelum dikirimkan agar lebih hemat biaya. Agar bisa lebih memastikan beban biaya pengiriman ini, diskusikan saja dulu dengan jasa ekspedisi. Tanyakan besar ongkir ke Jepang maupun negara tujuan lainnya dan dapatkan rekomendasi cara packing yang paling aman tapi juga tetap ekonomis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *