Ini Penyebab Sulit Menurunkan Berat Badan

Ini-Penyebab-Sulit-Menurunkan-Berat-Badan
Foto dari Canva

Setiap orang menginginkan berat badan yang ideal. Bukan hanya untuk meningkatkan kepercayaan diri, tapi juga bagus untuk kesehatan tubuh. Berbagai cara pun dilakukan untuk mencapai berat badan yang ideal. Apabila Anda sedang menerapkan diet dan olahraga teratur, Anda dapat mencoba menggunakan timbangan komposisi tubuh terbaik. Tahukah Anda? Ternyata, ada jenis timbangan untuk mengetahui apakah diet dan olahraga yang Anda lakukan efektif atau tidak. Serta dapat mencatat dan menghitung perkembangan tubuh Anda. Sayangnya, tak jarang ada sebagian orang yang melakukan diet namun tetap tidak ada perkembangan signifikan alias gagal diet. Lantas, apa saja yang dapat menyebabkan hal tersebut?

1. Olahraga tanpa pola makan yang baik

Defisit kalori adalah hal penting bagi Anda yang sedang melakukan diet. Caranya yaitu dengan melakukan olahraga teratur. Tidak hanya sampai di situ saja. Pola makan juga perlu diperhatikan. Dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi sedikit kalori, maka Anda dapat mencapai berat badan yang diinginkan. Jadi, olahraga saja tidak cukup, ya.

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan dapat mempengaruhi keseharian Anda. Badan akan terasa lebih lelah, kurang termotivasi, hingga mudah merasa lapar. Ini berdampak buruk apabila Anda sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Jika Anda mengalami insomnia, segera konsultasikan dengan dokter agar diet Anda tidak terganggu.

3. Sering ‘cheating’

Menahan keinginan untuk tidak mengkonsumsi makanan favorit memang suatu hal yang sulit dilakukan. Sehingga, godaan untuk cheating makan atau minum serngkali terjadi. Inilah yang dapat menghancurkan rencana diet Anda. Terlebih, hal ini sering Anda lakukan. Oleh sebab itu, buatlah jadwal kapan Anda bisa cheating makan dan minum. Misalnya, seminggu sekali. Namun, Anda juga harus bisa mengontrol diri Anda agar tidak terus-menerus melakukan itu.

4. Jarang minum air putih

Meskipun terdengar sepele, namun mengkonsumsi air putih sangat penting untuk dilakukan. Anda akan mendapatkan banyak manfaat jika sering mengkonsumsi air putih. Salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Air putih tidak mengandung kalori, sehingga rasa haus Anda dapat terobati tanpa menambah berat badan. Tidak hanya itu, air putih juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Setidaknya, minum 8 gelas per hari agar tubuh tetap sehat.

5. Mengalami stress

Ketika seseorang mengalami stress, maka tubuh akan memproduksi hormon kartisol lebih banyak. Hormon inilah yang dapat meningkatkan nafsu makan dan merangsang rasa lapar. Segera lakukan hal yang dapat mengurangi rasa stress Anda agar program menurunkan berat badan dapat berjalan dengan lancar.

Ternyata, menurunkan berat badan bukan hanya perihal mengurangi makan atau sering olahraga, tapi juga ada banyak faktor yang perlu diperhatikan. Coba perhatikan poin-poin di atas apabila Anda merasa diet yang Anda lakukan kurang efektif. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.