Mengenal Beragam Jenis Spesialis Dokter Gigi di Jakarta Utara

by admin

Dokter gigi merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang populer dan banyak menjadi impian kawula muda. Namun untuk bisa menjadi seorang dokter gigi, Anda perlu melalui beberapa tahapan yang tak mudah namun juga tidak terlalu sulit jika Anda bersungguh-sungguh menginginkannya. Kedokteran gigi merupakan jurusan kuliah yang perlu Anda ambil. Hingga saat ini tak semua universitas memiliki jurusan tersebut meski pada universitas yang memiliki jurusan kedokteran. Karenanya Anda perlu memilih sedari dini di universitas mana akan belajar kedokteran gigi tersebut hingga nantinya mendapatkan gelar sebagai dokter gigi. Bagi Anda yang berada di Jakarta Utara, ada beberapa universitas dokter gigi di Jakarta Utara dan sekitarnya yang dapat Anda jadikan pilihan untuk belajar kedokteran gigi.

Untuk bisa menjadi dokter gigi, tahapan pertama yang harus Anda lalui adalah masuk ke fakultas kedokteran gigi. Usahakan untuk masuk ke fakultas dengan nilai akreditasi A agar mendapatkan keahlian dari yang terbaik. Masa kuliah kedokteran gigi antara 3,5 hingga 4 tahun tergantung dari kemampuan Anda dalam mengikuti pendidikan. Setelah lulus kedokteran gigi, Anda akan mendapatkan gelar S.KG dari universitas. Namun bukan berarti Anda sudah bisa membuka dan membedah mulut serta gusi orang karena Anda belum memiliki ijin praktek sebagai dokter gigi yang dapat berurusan langsung dengan pasien.

Setelah menjadi seorang lulusan kedokteran gigi, untuk dapat melakukan prosedur sebagai dokter gigi, Anda perlu melakukan pendidikan profesi dengan menjadi ko asisten dokter gigi selama 1,5 hingga 2 tahun. Di masa ini Anda akan ditempatkan di rumah sakit pendidikan di bawah pengawasan dokter gigi senior untuk menimba pengalaman mengenai berbagai penyakit gigi dan prosedur pengobatannya. Setelah selesai masa ko asisten, Anda akan dinyatakan lulus pendidikan profesi dan menyandang predikat dokter gigi. Namun hingga tahapan ini Anda juga belum bisa membuka praktek sendiri karena belum memiliki surat ijin praktek untuk dokter gigi.

Agar mendapatkan ijin praktek, Anda harus ikut ujian kompetensi dokter gigi Indonesia atau UKDGI. Setelah lulus ujian ini barulah Anda dapat mengurus surat ijin praktek sebagai dokter gigi dan melakukan prosedur perawatan gigi atau mengambil spesialis kedokteran gigi lainnya. Dokter gigi juga memiliki spesialis sama seperti kedokteran lainnya. Adapun beberapa jenis spesialis gigi antara lain:

  • Pedodontis yaitu spesialis kedokteran gigi anak.
  • Orthodontis (spesialis meratakan gigi).
  • Endodontis (Spesialis konservasi gigi).
  • Periodontis (Spesialis jaringan penyangga gigi).
  • Oral surgeon (spesialis bedah mulut).
  • Prosthodontis (spesialis gigi turunan).
  • Oral medicine ( Spesialis penyakit mulut).

Pendidikan spesialis sendiri membutuhkan waktu yang berbeda-beda sesuai dengan pilihan spesialis Anda.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, ada banyak universitas yang dapat Anda tuju untuk menjadi seorang dokter gigi diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Prof. Dr. Moestopo, Universitas Trisakti dan beberapa universitas swasta lainnya. sedangkan bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan membutuhkan konsultasi dengan dokter gigi di Jakarta Utara, akan ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan karena hampir di semua rumah sakit umum Jakarta Utara memiliki poli gigi. belum lagi praktek dokter gigi dan dokter gigi spesialis yang bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai pelosok Jakarta Utara. Selain melakukan pengobatan akibat penyakit, dokter gigi juga dapat melakukan perbaikan atau perawatan dengan tujuan estetika.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami Accept Read More

Privacy Policy