Waspada, Ini 5 Gejala Sakit Jantung pada Wanita Muda

by admin
Waspada-Ini-5-Gejala-Sakit-Jantung-pada-Wanita-Muda

Gejala umum pada penyakit jantung merupakan sebuah kondisi dimana jantung serta pembuluh darah berada pada kondisi tidak normal. Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian seketika sehingga sangat membahayakan. Bukan hanya orang tua, tapi banyak wanita muda juga mengalami sakit jantung.

Agar bisa mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, Anda harus mengetahui dahulu apa saja gejala penyakit mematikan ini. Dengan demikian dapat selalu mawas diri dan melakukan pengobatan sebelum terlambat.

Gejala Sakit Jantung pada Wanita

Penyakit jantung merupakan kondisi di mana jantung atau pembuluh darah mengalami permasalah seperti penyumbatan, kinerja berkurang atau meningkat drastis, dan berbagai kondisi lainnya. Agar dapat mencegah penyakit ini menjadi parah, Anda bisa mengecek beberapa gejala sakit jantung pada wanita berikut ini:

1. Nyeri di Leher, Rahang, atau Tenggorokan

Rasa nyeri yang menandakan penyakit jantung bukan hanya terasa pada area dada saja, melainkan pada bagian leher, rahang, dan tenggorokan juga. Biasanya terfokus pada bagian kiri di mana organ jantung berada. Namun, juga bisa pada kedua sisi.

Ketika Anda merasakan nyeri yang berlebihan juga sering terjadi pada bagian-bagian tersebut, sebaiknya mulai waspada dengan kemungkinan terkena penyakit jantung.

2. Sakit Punggung dan Perut Bagian Atas

Selain bagian leher, rahang, dan tenggorokan, nyeri dan sakit bisa juga terjadi pada bagian punggung dan perut bagian atas. Rasanya akan berbeda dengan nyeri punggung atau sakit perut biasa. Apalagi ketika rasa sakit hanya terasa di bagian atas saja.

Kebanyakan orang mengira hal ini terjadi akibat kelelahan atau gangguan lambung biasa. Namun, apabila berkepanjangan dan tidak bisa diobati dengan penghilang nyeri atau sakit biasa, mungkin sudah saatnya melakukan pemeriksaan yang lebih intens.

3. Cepat Lelah dan Mudah Berkeringat Dingin

Gejala umum pada penyakit jantung lainnya adalah tubuh menjadi cepat lelah padahal tidak melakukan pekerjaan berat. Bahkan hanya berbaring bisa membuat tenaga terasa sangat terkuras sehingga menjadi lemas.

Apabila hal ini disertai dengan keluarnya keringat dingin, maka Anda harus berhati-hati. Sebab keduanya merupakan gejala penyakit jantung. Apabila hal ini terjadi lebih dari seminggu sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan.

4. Mual dan Sesak Napas

Rasa mual juga bisa menjadi salah satu indikasi Anda menderita penyakit jantung. Apabila perasaan mual terjadi terus menerus tanpa penyebab yang jelas, maka memeriksakannya merupakan pilihan tepat.

Apalagi jika kondisi ini ditambah dengan sesak napas dan perasaan nyeri pada dada Anda serta terjadi dalam jangka waktu panjang. Jangan tinggal diam dan membiarkan rasa sakit menjadi semakin parah.

5. Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit juga bisa mengindikasikan ada yang tidak normal pada jantung Anda. Terutama apabila warna kulit berubah keabu-abuan atau menjadi lebih pucat. Ketika mengalami kondisi ini, amannya berkonsultasi kepada ahlinya.

Selain beberapa gejala di atas, juga terdapat beberapa gejala lain seperti detak jantung yang tidak beraturan, pembengkakan di pergelangan kaki, dan batuk yang tidak kunjung berhenti. Umumnya, orang akan beranggapan indikasi ini adalah penyakit biasa. Namun, akan menjadi tidak biasa ketika terjadi dalam jangka waktu panjang. Terutama jika dialami oleh penderita diabetes dan hipertensi.

Penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja dan di segala usia. Oleh sebab itu, apabila mengalami indikasi-indikasi di atas sebaiknya Anda tidak berpangku tangan. Mengetahui gejala umum pada penyakit jantung dan segera memeriksakannya ke dokter merupakan cara terbaik menyikapi penyakit mematikan ini.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami Accept Read More

Privacy Policy